Pelatihan Pembuatan Dimsum Udang sebagai Bentuk Kreativitas Pemanfaatan Hasil Tambak Masyarakat di Desa Meunasah Blang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur

Penulis

  • Ida Marito Harahap Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia
  • Cut Dian Nizariansyah Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia
  • Nova Purnama Lisa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia
  • Nina Fahriana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.257

Kata Kunci:

Dimsum Udang, Hasil Tambak, Kreativitas, Udang

Abstrak

Desa Meunasah Blang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Aceh merupakan salah satu desa yang sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian dengan membudidayakan udang. Hasil tambak masyarakat berupa udang di desa ini sangat melimpah terutama antara bulan Juli sampai Desember. Udang segar maupun kering memiliki nilai gizi yang tinggi terutama kandungan protein dan kalsium. Udang yang segar akan lebih mudah mengalami pembusukan dan memiliki nilai ekonomi yang lebih rendah, sehingga perlu dilakukan kreativitas produk olahan udang yang lebih menarik dan menyehatkan. Maka, upaya yang dilakukan adalah dengan membuat olahan dari udang yaitu pembuatan dimsum yang berbahan dasar udang. Pada umumnya masyarakat di desa ini membuat dimsum dengan olahan daging ayam, dengan sumber daya udang yang melimpah maka dijadikan udang sebagai bahan dasar dimsum yang enak, praktis dan sehat untuk dikomsumsi. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah metode dengan melakukan sosialisasi dan melakukan pelatihan langsung bagi ibu-ibu di desa Meunasah Blang. Pada saat kegiatan pelatihan dimsum dilaksanakan Ibu-ibu desa tersebut ikut serta dalam pembuatan dimsum. Hasil dari kegiatan pelatihan pembuatan dimsum ini yaitu ibu-ibu desa Meunasah blang dapat memahami dan mengetahui cara pembuatan olahan dimsum dengan bahan dasar udang sehingga ibu-ibu desa Meunasah blang dapat membuka peluang usaha makanan berbahan dasar udang hasil tambak masyarakat di desa tersebut. Tujuan dari kegiatan pelatihan pembuatan dimsum ini untuk menambah dan meningkatkan kreativitas ibu-ibu di Desa Meunasah Blang terhadap pengolahan hasil tambak.

Referensi

Amraini, F., Zarkasih, A., Lisa, N. P., Fahriana, N., Teknik, F., & Samudra, U. (2022). Pelatihan Pembuatan Kerupuk Ikan Tuna untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Gampong Jalan Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. 2(2), 433–440.

Baihaki, M., Sari, L. N., Sidabutar, A. I., Ridha, E. Al, Lisa, N. P., Purwandito, M., Fahriana, N., Teknik, F., & Samudra, U. (2022). Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tongkol Jakandor sebagai Bentuk Inovasi untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kuala Peudawa Puntong Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. 2(1), 349–354.

Evi. 2011. (2016). Sejarah dan Asal Mula Masakan Dim sum yang Lezat.

Fatah, A., & Lisa, N. P. (2022). Pengembangan Potensi Lokal Pesisir Mengolah Ikan Menjadi Nugget Guna Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Nelayan di Seuneubok Aceh. 2(2), 427–432.

Febri. 2014. (2016). Resep Membuat Dimsum Ayam Sederhana dan Enak.

Irianto, D. 1990. (1990). Panduan Gizi Lengkap Keluarga Dan Olahragawan.

Liviawaty, E., dan E. A. 2010. (2010). Penanganan Ikan Segar. Widya Padjadjaran, Bandung.

Pratama, T. R. I. P., Harahap, I. D. A. M., Nizariansyah, C. U. T. D., Awang, A. B. U. I., Farizi, M. D. A. L., Afnasyah, A. Y., Amanda, F., Zahwa, N., Shena, F., Novia, W., Teknik, F., & Samudra, U. (2021). Fakultas teknik universitas samudra 2021.

Wulandari, W., & Sodik. (2018). Inovasi Usaha Kreatif Produk Olahan Ikan Tenggiri. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, September, 88–96.

Diterbitkan

16-02-2022

Cara Mengutip

Harahap, I. M. ., Nizariansyah, C. D. ., Lisa, N. P., & Fahriana, N. . (2022). Pelatihan Pembuatan Dimsum Udang sebagai Bentuk Kreativitas Pemanfaatan Hasil Tambak Masyarakat di Desa Meunasah Blang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 529–532. https://doi.org/10.54082/jamsi.257