Pelatihan Pembuatan Produk Bakso Stik dari Olahan Ikan Bandeng pada Desa Alue Dua Muka O sebagai Bentuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Penulis

  • Siti Juleha Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia
  • Rasidin Rasidin Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia
  • Nova Purnama Lisa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Samudra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.260

Kata Kunci:

Bakso Stik, Bandeng, Masyarakat, Tambak Ikan

Abstrak

Pemerdayaan masyarakat pada Desa Alue Dua Muka O, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur hanya menganyam tikar dari bahan daun pandan liar. Maka dari itu untuk meningkatkan perekonomian pada masyarakat Alue Dua Muka O terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dilakukan pengabdian masyarakat yaitu pembuatan produk bakso stik dari olahan ikan bandeng pada Desa Alue Dua Muka O. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan usaha rumahan atau homemade pada ibu-ibu rumah tangga dan bisa menambah ekonomi masyarakat dan ibu-ibu pada Desa Alue Dua Muka O. Metode yang dipakai ialah pelatihan, pemaparan dan demonstrasi pembuatan bakso stik dari ikan bandeng di Desa Alue Dua Muka O. Ikan bandeng yang diolah diambil dari hasil tambak masyarakat Alue Dua Muka O, karena hampir semua masyarakat pada Desa Alue Dua Muka O memiliki tambak ikan bandeng. Proses pembuatan bakso stik dari olahan ikan bandeng terdiri dari berbagai proses yaitu persiapan, alat dan bahan. Hasil dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan bakso stik ikan bandeng ini yaitu ibu-ibu dan masyarakat desa bisa memahami cara pembuatan produk olahan bakso stik ikan bandeng. Sehingga masyarakat dan ibu-ibu Alue Dua Muka O dapat menerapkan dan dapat membuka bisnis tambahan rumahan atau homemade.

Referensi

Afriani, R. I., Khodijah, I., Bangsa, U. B., & Bandeng, B. (2020). Ikan Bandeng Di Desa Sawah Luhur. 01(02), 153–161.

Hafiludin. (2015a). Analisis Kandungan Gizi Pada Ikan Bandeng Yang Berasal Dari Habitat Yang Berbeda. Trunojoyo Dan Kelautan, 1, 37–43.

Hafiludin. (2015b). Analisis Kandungan Gizi Pada Ikan Bandeng Yang Berasal Dari Habitat Yang Berbeda the Analysis of Nutritional Content of Milkfishes Which Come From Different Habitats. Kelautan, 8(1), 37–43. http://journal.trunojoyo.ac.id/jurnalkelautan

Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. 1.

Nurjanah, Tati, N., & Fatmawati, Z. (2007). Karakteristik mutu ikan bandeng (Chanos chanos) di Tambak Sambiroto Kabupaten Pati Jawa Tengah. 1, 1–7.

Pasaribu, A. M. (2004). Kajian sistem mudular pada usaha tani ikan bandeng (Chanos chanos, Forskal) di Sulawesi Selatan. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 7, 187–192.

Rusydi, R., dan Khalil, M. (2020). Pemerdayaan Masyarakat Desa Batuphat Timur Melalui Keterampilan Pengolahan Dendeng Ikan Bandeng. Pengabdian Masyarakat, 2, 58–64.

Soebato. (2015). Pemberdayaan Masyarakat. 1.

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran,. 1.

Wilfredo G. Y., Villaluz, A. C., Soriano, M. G. G., & Santos, M. N. (2007). Milkfish production and processing technologies in the Philippines. 2, 96.

Www.minapoli.com. (2019). Enam Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi. 1.

Diterbitkan

05-02-2022

Cara Mengutip

Juleha, S., Rasidin, R., & Lisa, N. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Bakso Stik dari Olahan Ikan Bandeng pada Desa Alue Dua Muka O sebagai Bentuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 473–478. https://doi.org/10.54082/jamsi.260