Pelatihan Pembuatan Channel Youtube sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

Penulis

  • Dwi Gansar Santi Wijayanti Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Cahyo Yuwono Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyu Ragil Kurniawan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.280

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Pandemi, Pelatihan, Youtube

Abstrak

Pandemi berdampak pada dunia pendidikan. Dimana Sekolah Luar Biasa (SLB) yang biasanya melakukan pembelajaran secara langsung/luring kini beralih menjadi daring. Perubahan ini tidaklah mudah dilakukan, mengingat karakteristik siswa yang mereka hadapi bermacam-macam dan semuanya memerlukan penanganan khusus. Namun semua guru harus tetap beradaptasi dengan lebih kreatif dalam menyajikan sebuah pembelajaran daring. Oleh karena itu diperlukan program pengabdian kepada masyarakat terhadap permasalahan yang mitra alami melalui pelatihan Pembuatan Channel Youtube Untuk Guru Sekolah Luar Biasa Sebagai Sarana Media Pembelajaran Di Masa Pandemi. Dengan demikian membekali guru di SLB N Kota Salatiga untuk dapat membuat media pembelajaran yang lebih menarik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah perencaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Peserta pelatihan diberikan pemahaman konseptual tentang pembuatan Channel youtube sekaligus praktek untuk membuat Channel youtube masing-masing. Hasil dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat media pembelarajan daring selama masa pandemi. Diharapkan semua guru nantinya dapat mengembangkan diri melalui pembuatan konten pembelajan yang dikemas menarik melalui media pembelajran daring. Sehingga proses pembelajaran jauh lebih menarik.

Referensi

Allgaier, J. (2020). Science and medicine on YouTube. Second international handbook of Internet research, 7-27

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana, F. (2020). Pelatihan pembelajaran jarak jauh di era pandemi COVID-19. Jurnal Anoa, 1(3), 220- 226.

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana, F. (2020). Pelatihan pembelajaran jarak jauh di era pandemi COVID-19. Jurnal Anoa, 1(3), 220- 226.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84.

Bozkurt, A., & Sharma, R. C. (2020). Emergency remote teaching in a time of global crisis due to CoronaVirus pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), i- vi.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik COVID-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Diterbitkan

16-02-2022

Cara Mengutip

Wijayanti, D. G. S. ., Yuwono, C., & Kurniawan, W. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Channel Youtube sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 533–538. https://doi.org/10.54082/jamsi.280