Pelatihan E-learning pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat

Penulis

  • Denny Denmar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Aprillitza Vivayarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Sophia Rahmawati Fakultas Tarbiyah, UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.325

Kata Kunci:

Pelatihan E-learning, Pembelajaran Era COVID-19, Teknologi Informasi

Abstrak

Masa pandemi COVID-19 yang telah menjadi wabah di Dunia dan Indonesia mengabikatkan proses pembelajaran harus dilakukan secara Daring. Didukung oleh teknologi internet, hampir segalanya menjadi mungkin dalam dunia pendidikan. Saat ini peserta didik dapat belajar tidak hanya dimana saja tetapi sekaligus kapan saja dengan fasilitas sistem electronic learning yang ada. E-learning kini semakin dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan dan pelatihan. Banyak orang menggunakan istilah yang berbeda-beda untuk E-learning namun pada prinsipnya E-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronik sebagai alat bantunya. Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Media daring yang digunakan subjek pengabdian kepada masyarakat ini ada bermacam-macam yaitu: WhatsApp, Google Classroom, Website dan lain-lain. Tujuan dari Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk menganalisis efektifitas dalam pembelajaran daring, memberikan tambahan pengetahuan tentang pembelajaran jarak jauh, tetap memaksimalkan pembelajaran meski pembelajaran tatap muka belum di perkenankan dikarenakan adanya wabah COVID-19, dan mengetahui peranan internet sebagai sarana pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Google Classroom adalah suatu platform pembelajaran campuran yang dapat digunakan pada setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan pada masalah dan kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolongkan setiap penugasan tanpa kertas. Hasil dari kegiatan pengabdian ini secara umum adalah guru-guru dapat memahami pentingnnya pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran E-learning.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bilfaqih, Yusuf dan M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring

(Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan

Pelatihan). Yogyakarta: Depublish Publisher.

Hammi, Zedda. 2017. Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang.Iftakhar, Shampa. 2016. “Google Classroom: What Works an How?”. Journal of Education and Social Sciences.Vol 3.

Hidayatullah, M.F., G.W. Sasmito & T.B. Sasongko. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Dalam Membuat E-learning Bagi Guru SMK Dinamika Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB (Progresif Humanis Brainstorming) 1(1), 8-14.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18.

Isenberg, D. J. (2008). The global entrepreneur. Harvard Business Review, 86(12). https://doi.org/10.1016/j.jom.2003.12.007

Muhtarom, Nizaruddin & Zuhri. (2017). Pelatihan kewirausahaan di Universitas PGRI Semarang. E-Dimas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 8 No. 1 (2017).

Pakpahan, A. Fernando & Iskandar. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pardian, P., Utami, HN., dan Sadeli, AH. (2017). manajemen praktis usaha mikro berbasis agroindustri sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan petani sebagai pelaku agribisnis di desa palasari dan desa cisaat kec. ciater kab. Subang. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat): 313-326 Vol 5, No.2, Juni 2017.

Puspaningrum, A.S., E.R. Susanto & Neneng. (2021). Penerapan dan Pelatihan E-learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Tabikpun 2(2), 91-100.

Saifullah, S & B.M. Akbar. (2020). Pelatihan E-learning Menggunakan Google Classroom Bagi Guru MA Raden Fatah Prambanan. Gervasi 4(1), 93-103.

Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba. (2001). Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sukamdiyo, Ign.1996.Manajemen Koperasi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disiase (COVID-19).

Diterbitkan

13-04-2022

Cara Mengutip

Denmar, D., Vivayarti, A., Setiyadi, B., & Rahmawati, S. (2022). Pelatihan E-learning pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 843–850. https://doi.org/10.54082/jamsi.325