Optimalisasi Tumbuh Kembang Balita Melalui Promosi Gizi Seimbang bagi Ibu Balita sebagai Pencegahan Stunting di Desa Cenrana Kab. Sidrap

Penulis

  • Sitti Hasriani Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKES Muhammadiyah Sidrap, indonesia
  • Wilda Rezki Pratiwi Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKES Muhammadiyah Sidrap, indonesia
  • Nurjanna Nurjanna Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKES Muhammadiyah Sidrap, indonesia
  • Eddy Arsyad Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, ITKES Muhammadiyah Sidrap, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.403

Kata Kunci:

Gizi Seimbang, Ibu Balita, Promosi Kesehatan, Stunting, Tumbuh Kembang

Abstrak

Stunting dapat menjadi ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia dan juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Hal ini dapat terjadi karena anak bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya. Asupan gizi seimbang dari makanan memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan anak. Penerapan pola makan dengan gizi seimbang menekankan pola konsumsi pangan dalam jenis dan jumlah prinsip keanekaragaman pangan untuk mencegah masalah gizi. Tujuan pengabdian masyarakat ini secara langsung untuk meningkatkan pengetahuan ibu balita dalam hal pencegahan stunting melalui pemenuhan gizi seimbang. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cenrana Kab. Sidrap. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan informasi dalam bentuk promosi kesehatan dengan menggunakan media slide materi dan buku KIA. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam yang diisi oleh para audien. Hasil yang didapatkan adalah 97% orang yang memiliki pengetahuan baik tentang gizi seimbang dan sebanyak 89% orang yang memiliki pengetahuan baik tentang konsep stunting. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah peran keluarga khususnya ibu sangat mempengaruhi pemenuhan keseimbangan gizi balitanya. Dengan kecukupan gizi yang seimbang diaharapkan dapat mencegah terjadinya stunting pada balita.

Referensi

Kab.Sidrap, D. (2021). Laporan Stunting. Sistem Aplikasi Online Pencatatan dan Pelaporan Gizi.

Kartinawati1, K. T., & Pradnyawati1, L. G. (2022). Penyuluhan Gizi Seimbang pada Ibu Hamil untuk Pencegahan Stunting di Desa Ban, Karangasem, Bali. Warmadewa Minesterium Medical Journal, 39-44.

Lestari, A., & Hanim, D. (2020). Edukasi Kader dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen. AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health, 7-13.

Permatasari, T. A., Turrahmi, H., & Illavina. (2020). Edukasi Gizi Seimbang bagi Kader Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19 sebagai Pencegahan Balita Stunting di Kabupaten Bogor. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 67-77.

RI, K. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbitan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Sari, M. D. (2022). Pengaruh Edukasi Pada Ibu Hamil dalam Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Medika Hutama.

Simamora, R. S., & Kresnawati, P. (2021). Pemenuhan Pola Makan Gizi Seimbang Dalam Penanganan Stunting Pada Balita Di Wilayah Puskesmas Kecamatan Rawalumbu Bekasi. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan.

Susilowati, L., Trisetiyaningsih, Y., & Nursanti, I. (2021). Pencegahan Stunting pada Balita Selama Masa Pandemi Covid-19 Melalui Edukasi Audiovisual. Community Empowerment, 6(4), 563-567.

Widyaningrum, F., Sari, A., Shaleha, B. A., Tasya, R. A., & Wibisono, A. F. (2021). Promosi Kesehatan Gizi Seimbang Pada Anak Balita Melalui Penyuluhan, Media Leaflet, dan Video di Posyandu Melati 01 Jatimulya Kota Depok. Jurnal Pengmabdian Masyarakat Saga Komunitas, 1(2), 57-61.

Diterbitkan

23-06-2022

Cara Mengutip

Hasriani, S., Pratiwi, W. R. ., Nurjanna, N., & Arsyad, E. (2022). Optimalisasi Tumbuh Kembang Balita Melalui Promosi Gizi Seimbang bagi Ibu Balita sebagai Pencegahan Stunting di Desa Cenrana Kab. Sidrap. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1209–1214. https://doi.org/10.54082/jamsi.403