Optimalisasi Design Website pada Yayasan Al Birru Indonesia Jaya Kota Bekasi

Penulis

  • Wulan Dari Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Endang Pujiastuti Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Yuyun Yuningsih Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Lusa Indah Prahartiwi Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.411

Kata Kunci:

Desain Website, Internet, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Kehadiran internet telah menghapus jarak terhadap akses informasi yang diperlukan untuk kebutuhan masyarakat seperti halnya kebutuhan informasi akademis/ informasi mengenai hiburan dan lainnya. Salah satu sumber daya internet adalah media Homepage atau biasa dikenal dengan situs Website. Yayasan Al Birru Indonesia Jaya merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang digagas oleh sekumpulan pemuda yang cinta akan negerinya, timbulah pemikiran-pemikiran positif untuk membangun karakter masyarakat mandiri khususnya remaja usia muda. Untuk memberikan informasi kegiatan maka dibuatlah sebuah website. Namun karena adanya peralihan SDM yang baru, dan dirasa kurang mampu untuk mengelola website tersebut. Dari adanya kendala dalam mengelola website tersebut, maka dibutuhkan pelatihan mengoptimalisasi website, khususnya pada design website, dikarenakan desain website yayasan Al Birru masih kurang optimal, seperti antara background Header dan warna tulisan pada menu dan logo kurang jelas terlihat. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan pengajaran yang dilakukan secara Online menggunakan aplikasi Zoom Meeting Peserta kegiatan merupakan pengurus di Yayasan Al Birru Indonesia Jaya yang berjumlah 10 orang. Manfaat yang dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat yakni mempermudah para pengurus di Yayasan Yatim dan Dhuafa Indonesia Al Birru dalam mengelola website khususnya pada desain web yang masih kurang optimal dan memberikan knowledge yang baru kepada para pengurus dalam mengelola website.

Referensi

Admin. (2019). Tentang Al-Birru Foundation. https://albirruindonesiajaya.com/tentang-kami

Aziz, M. H. (2017). Perancangan Desain Website Sebagai Salah Satu Media Promosi the Cobbler Yogyakarta. Journal Tugas Akhir, 1–22.

Kurniawan, Y. I., Fatikasari, A., Hidayat, M. L., & Waluyo, M. (2021). Prediction For Cooperative Credit Eligibility Using Data Mining Classification With C4. 5 Algorithm. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 2(2), 67-74.

Noe’man, A., Hartanti, D., & Prayitno Hadi. (2021). Pelatihan Pembuatan Website Dalam Menghadapi Teknologi Bagi Siswa Di SMK Galajuara Bekasi Perkembangan. 1(2), 111–118.

Setiawati Sulaeman, F., & Ridwan, M. F. (2016). Penerapan Web Profil Di Yayasan Pendidikan Islam (YPI-Al Ibrohimiyah). Media Jurnal Informatika, 8(2).

Situseo. (2018). Pengertian Dan Manfaat Website di Era Globalisasi. https://www.situseo.com/manfaat-website/

Sutanta, E., Iswahyudi, C., & Wibowo, H. (2018). Program Abdimas Pembuatan Website Padukuhan Tangkilan, Sidoarum, Gamping, Sleman. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND Yogyakarta, 1(2), 104–113. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/dharma/article/view/1215

Wijaya, A., Kertahadi, & Dewantara, R. (2016). OPTIMALISASI WEBSITE PADA PORTAL GAME ONLINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN (Studi pada PT. Megaxus Infotech). Jurnal, 37(1), 137–146. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1437

Diterbitkan

06-07-2022

Cara Mengutip

Dari, W., Pujiastuti, E., Yuningsih, Y., & Prahartiwi, L. I. (2022). Optimalisasi Design Website pada Yayasan Al Birru Indonesia Jaya Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1305–1310. https://doi.org/10.54082/jamsi.411