Pelatihan Pemanfaatan Penerapan Teknologi Frame Flow Hive di Kandang Lebah Madu Terintegrasi Berbasis IoT pada Petani Lebah Tunas Harapan Kelurahan Gombengsari

Penulis

  • Vivien Arief Wardhany Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Indonesia
  • Subono Subono Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Indonesia
  • Alfin Hidayat Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.417

Kata Kunci:

Arduino, Frame Flow Hive, Madu, Monitoring, Petani Lebah

Abstrak

Madu merupakan salah satu produk unggulan yang dihasilkan oleh kelompok Tani Tunas Harapan di kelurahan Gombengsari. Salah satu faktor utama penyebab kurang maksimalnya hasil budidaya madu adalah proses pemeliharaan lebah masih konvensional serta proses pemanenan madu secara konvensional yaitu metode pengasapan saat panen madu yang mengakibatkan banyak lebah pekerja yang mati pada saat pengasapan kemudian pada saat pemerahan madu dari sarang dilakukan dengan mengambil sarang dengan memotong sarang lebah dan menyaringnya menggunakan kain sehingga mengurangi tingkat higienitas dan banyak madu yang terbuang saat proses penyaringan. Dengan adanya permasalahan tersebut maka program pengabdian masyarakat ini menawarkan solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh mitra yaitu dengan memberikan sebuah pelatihan kepada mitra para peternak lebah madu yang memanfaatkan teknologi yang menerapkan penggunaan frame flowhive pada sarang lebah madu sehingga memudahkan proses pemanenan madu berjalan lebih efektif dan efisien serta dapat melakukan monitoring dari jarak jauh. Kegiatan pelatihan ini ditujukan pada para petani yang tergabung dalam kelompok tani Tunas Harapan yang terdiri dari 10 orang para peternak lebah madu. Metode pelatihan yang diberikan yaitu berupa paparan penjelasan tentang perangkat flow hive meliputi fungsi, cara menggunakan perangkat IoT dan penggunaan aplikasi pada Smartphone dengan cara melakukan demontrasi alat secara langsung dan instalasi pada kandang lebah madu dilapangan. Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini pengabdi telah melaksanakan tranfer teknologi kepada para peternak lebah madu. Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan ini para peternak lebah madu dapat mengoperasikan perangkat Frame Flow hive dan aplikasi android secara maksimal sehingga dapat memaksimalkan hasil produksi madu.

Referensi

Arief, N. P., Subianto, M., & Swastika, W. (2019). Rancang Bangun Sistem Monitoring Dan Pembatasan Zona Operational Kendaraan Bermotor Roda Dua Berbasis Website Dan Arduino. Jurnal Teknik Informtika Dan Sistem Informasi, 171.

Casa Novantri G. 2018. Memanfaatkan Sensor DHT22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Arduino. Tugas Akhir. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Medan.

Hakim, M. N., & Abduh, M. Y. (2018). Produksi Propolis Dari Lebah Tetragonula Laeviceps Menggunakan Sarang Motive Yang Dilengkapi Dengan Sistem Instrumentasi. Jurnal Otomatisasi Kontrol Dan Instrumentasi Itb, 133-148.

Handoko, P. (2017). Sistem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik. Univeritas Muhammadiyah Jakarta, 4-5.

Hapsari H, Djuwendah E dan Supriyadi Y (2018). OPTIMALISASI MANAJEMEN USAHALEBAH MADU UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Kasus pada Kelompok Tani Sunda Mukti, Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung).Dharmakarya. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 7, No. 1. UNPAD. Bandung

Hartlambang, Y. G., Nurrohmah, H., & Ali, M. (2017). Optimasi Kecepatan Motor Dc Menggunakan Algoritma Kelelawar (Bat Algotihm). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3.

Lamusa, A. (2015). Usaha Ternak Lebah Madu Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Madu Di Desa Lolu Kabupaten Sigi Provinasi Sulawesi Tengah. J. Agrisains 11, 182.

Niarsari Novita F. 2018. Kontribusi Usaha Budidaya Lebah Madu Terhadap Pendapatan Dan Kesejahteraan Petani Lebah Madu Desa Buana Sakti Kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur. Skripsi Jurusan Agribisnis Jurusan Pertanian: Bandar Lampung.

Pradana, B. W., Fitriyah, H., & Maulana, R. (2019). Alat Pengklasifikasi Status Burung Puyuh Berdasarkan Berat Badan Menggunakan Metode K-Nn Pada Embeded Sistem. Jurnal Pengembangan Teknnologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8031-807.

Prof. Dr. Ir. H. Mochamad Junus, M. (2017). Produksi Lebah Madu. Malang: Universitas Brawijaya Pers.

Sudhan, R. H., Kumar, M. G., Prakash, A. U., Devi, S. R., & Sathiya, P. (2015). Arduino Atmega-328 microcontroller. International journal of innovative research in electrical, Electronics, Instrumentation and control engineering, 27-29.

Syahmenan, M. N., Suprayitno, H., & Nugraha, N. W. (2019). Rancang Bangun Sistem Panen Propolis Otomatis Untuk Sarang Lebah Modular Trigona Hive Berbasis Raspberry Pi Dan Komunikasi Sms. 1-11.

Diterbitkan

24-06-2022

Cara Mengutip

Wardhany, V. A., Subono, S., & Hidayat, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Penerapan Teknologi Frame Flow Hive di Kandang Lebah Madu Terintegrasi Berbasis IoT pada Petani Lebah Tunas Harapan Kelurahan Gombengsari. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1271–1278. https://doi.org/10.54082/jamsi.417