Penyuluhan Tanaman Tradisional untuk Swamedikasi di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

Penulis

  • Hanugrah Ardya C Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia
  • Agnes Prawistyasari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia
  • Arwin Muhlisoh Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.525

Kata Kunci:

Ekstrak, Tanaman Tradisional, Zingiber Officinalle

Abstrak

Untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat dan keanekaragaman tanaman herbal yang ada di Indonesia dengan memanfaatkan tanaman yang mudah di dapatkan untuk itu masyarakat perlu adanya kegiatan penyuluhan tanaman tradisional untuk swamedikasi di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dirancang dengan melakukan penyuluhan tentang manfaat tanaman jahe yang dapat dibuat dalam beberapa sediaan salah satunya adalah esktrak jahe (Zingiber Officinalle) metode kegitan pengabdian masyarakat dilakukan secara offline dengan presentasi dan demonstrasi terkait pembutan dan manfaat ekstrak jahe untuk swamedikasi yang diikuti oleh 30 warga masyarakat desa Kalisoro. Target dari kegiatan ini adalah warga desa Kalisoro akan mendapatkan tambahan pengatahuan serta memperoleh manfaat dan kegunaan tanaman tradisional jahe untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini masyarakat antusias, serta berperan aktif dalam kegiatan pengabdian.

Referensi

Badan Pengawas Obat dan Makanan, (2009), Taksonomi Koleksi Tanaman Obat Kebun Tanaman Obat Citeureup I. Jakarta. Kementerian Kesehatan RI. 2012. Vademekum Tanaman Obat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. (2006). Acuan Sediaan Herbal. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI

Bdan POM RI, (2010), Acuan Sediaan Herbal, Vol. 5, Edisi I, Direktorat Obat Asli Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta, hal 30 – 31

Departemen Kesehatan. 2007. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 Bidang Biomedis. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI, 2007.

Kemenkes RI. (2010). Riset Kesehatan Dsar, RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Kemenkes RI. (2017). Data dan Informasi Kesehatan Profil Keshatan Indonesia 2016

Santoso, H.B. (2008). Ragam dan Khasiat Tanaman Obat. PT Agromedia Pustaka. Yogyakarta

Suparyo, S. (2014). Manfaat Rempah-Rempah Untuk Kesehatan.http://daunbuah.com/manfaat rempah-rempah-utuk-kesehatan (diakses tanggal 10 juni 2022).

Diterbitkan

02-11-2022

Cara Mengutip

Ardya C, H., Prawistyasari, A., & Muhlisoh, A. (2022). Penyuluhan Tanaman Tradisional untuk Swamedikasi di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1763–1766. https://doi.org/10.54082/jamsi.525