Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberian Pendidikan Kesehatan tentang Penyakit Akibat Penyelaman pada Kelompok Nelayan di Wilayah Kawal Kecamatan Gunung Kijang Kepulauan Riau

Penulis

  • Yusnaini Siagian Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Liza Wati Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Linda Widiastuti Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Utari Yunie Atrie Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Soni Hendra Sitindaon Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Nofia Dwi Sartika Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Nur Adila Program Studi Profesi Ners, Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.569

Kata Kunci:

Nelayan Penyelam Tradisional, Pemberian Pendidikan Kesehatan, Program Kesehatan

Abstrak

Nelayan dalam melakukan kegiatan melaut seringkali menghadapi marabahaya dan resiko tinggi yang mengancam keselamatan. Risiko kesehatan selalu mengikuti setiap gerak nelayan dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya terutama nelayan penyelam tradisional. Nelayan tradisional rentan mengalami masalah kesehatan seperti keluhan nyeri dada, sesak napas, nyeri kepala, nyeri telinga hingga mengalami ketulian. Hal ini disebabkan karena menyelam dalam waktu yang lama dengan peralatan yang tidak sesuai standar. Jika hal tersebut terus dilakukan maka akan berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius bahkan kematian. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah banyak penyelam belum mengetahui cara menyelam yang benar dan aman seperti nelayan menyelam dengan tahan napas saja dan ada yang hanya menggunakan alat bantu selam kompresor udara. Tujuan kegiatan ini adalah melaksanakan Program Kampung Nelayan Sehat di Kelurahan Kawal. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian pendidikan kesehatan terkait resiko masalah kesehatan nelayan penyelam tradisional dan teknik pemanasan sebelum menyelam. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan nelayan penyelam tradisional terkait risiko masalah kesehatan nelayan penyelam tradisional. Selain itu nelayan juga mampu melakukan gerakan pemanasan sebelum menyelam. Nelayan antusias mengikuti program ini karena dapat membuka wawasan dan menimbulkan kesadaran bagi nelayan terkait risiko masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat pekerjaannya.

Referensi

Adila, N. (2022), Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Gangguan Pendengaran pada Penyelam Tradisional di Kelurahan Senggarang. Skripsi mahasiswa Stikes Hang Tuah Tanjungpinang 2022.

Duke, H. I., Widyastuti, S. R., Hadisaputro, S. & Chasani, S. 2017. Pengaruh Kedalaman Menyelam, Lama Menyelam, Anemia Terhadap Kejadian Penyakit Dekompresi Pada Penyelam Tradisional. Jurnal kesehatan masyarakat indonesia, 12, 12-18.

Haq Irene Nurhaliza (2021), Potensi bahaya saat melaut, pencegahan dan pengendaliannya pada nelayan suku mandar kecamatan banggae kabupaten majene.

Jusmawati, J., Arsin, A. A. & Naiem, F. 2016. Faktor Risiko Kejadian Decompression Sickness Pada Masyarakat Nelayan Peselam Tradisional Pulau Saponda. Media kesehatan masyarakat indonesia, 12, 63-69.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (2016), Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK 103/1/16 DJPL Tahun 2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan audit manjemen keselamatan kapal. Jakarta (ID): Kemenhub RI.

Paskarini, I., dkk (2010), Kecelakaan dan Gangguan Kesehatan Penyelam Tradisional dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi di Kabupaten Seram Maluku. Jurnal Kesehatan Terpadu, jilid 2 No. 5 2014, 1-10.

Prabawati, D., Sari, P., & Neonbeni, Y. (2021). Pendidikan Kesehatan Tentang Perawatan Dan Senam Kaki Pada Pasien Diabetes. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 624–630. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4775.

Sartika, N. D. (2022), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Low Back Pain di Wilayah Kawal Kecamatan Gunung Kijang. Skripsi mahasiswa Stikes Hang Tuah Tanjungpinang 2022.

Trenggono, S. W. (2020), Laporan Tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Wabul, I. R, 2019, perilaku keselamatan dan kesehatan penyelam pada penyelam tradisional berbasis health action process approach studi kasus pada penyelam tradisional di Provinsi Maluku.

Diterbitkan

13-12-2022

Cara Mengutip

Siagian, Y., Wati, L., Widiastuti, L., Atrie, U. Y., Sitindaon, S. H., Sartika, N. D., & Adila, N. (2022). Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberian Pendidikan Kesehatan tentang Penyakit Akibat Penyelaman pada Kelompok Nelayan di Wilayah Kawal Kecamatan Gunung Kijang Kepulauan Riau. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 75–80. https://doi.org/10.54082/jamsi.569