Peningkatan Pengetahuan tentang Cara Mengetahui Susu yang Dipalsukan di Perum Tanjung Elok Purwokerto Selatan Banyumas

Penulis

  • Siti Rahmawati Zulaikhah Program Studi Peternakan, Fakultas Sains dan Teknologi, Univesitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia
  • Restuti Fitria Program Studi Peternakan, Fakultas Sains dan Teknologi, Univesitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Indonesia
  • Dewi Puspita Candrasari Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.588

Kata Kunci:

Kualitas Susu, Pemalsuan Susu, Susu Sapi

Abstrak

Produk hewani yang sudah memasyarakat, disukai semua kalangan baik itu anak kecil maupun dewasa, harga terjangkau dan bernilai gizi tinggi salah satunya adalah susu. Susu merupakan hasil dari ternak perah baik itu sapi, kerbau maupun kambing. Namun air susu yang banyak beredar dan dikenal di pasaran adalah air susu sapi. Warga di Perum Tanjung Elok, Purwokerto Selatan memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu dari susu segar yang diolah sendiri. Masalah yang biasanya sering dihadapi oleh warga adalah kekhawatiran terkait adanya pemalsuan susu dan kurangnya pengetahuan warga mengenai ciri-ciri susu yang berkualitas baik. Kegiatan sosialisasi bertujuan memberikan informasi tentang cara pengujian pemalsuan susu. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui susu yang berkualitas baik. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi dan dilanjutkan dengan demonstrasi yaitu praktik langsung untuk uji organoleptik. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan warga khususnya anggota PKK Dasa Wisma (DAWIS) Aster 1 RT 02 RW 08 Kelurahan Tanjung mengenai pengujian pemalsuan susu dan susu berkualitas baik. Selain itu, adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan konsumsi susu terutama oleh warga di Perum Tanjung Elok, Purwokerto Selatan, Banyumas.

Referensi

Anindita, N.S dan Soyi, D.S. (2017). Studi kasus: Pengawasan Kualitas Pangan Hewani melalui Pengujian Kualitas Susu Sapi yang Beredar di Kota Yogyakarta. Jurnal Peternakan Indonesia, Juni 2017. Vol.19(2): 93-102. ISSN 1907-1760 E-ISSN 2460-3716.

Budiyanto, A. dan Usmiyati, S. (2008). Pemerahan Susu secara Higienis Menggunakan Alat Perah Sederhana. Makalah Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2008.

Devianti, A.W., B. Hidayat, dan S. Darana. (2018). Identifikasi Kualitas Kesegaran Susu Sapi melalui Pengoolahan Sinyal Digital berdasarkan Metode Gabor Wavelet dan Klasifikasi Support Vector Machine. E-proceeding of engineering 5 (2): 2056 – 2063.

Firmansyah, D.R., D. Syauqy, dan F. Utaminingrum. (2019). Rancang Bangun Sistem Klasifikasi Kemurnian Susu Sapi dengan menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3 (10): 9815 – 9822.

Hastuti, L. (2015). Pengujian kualitas bahan baku dalam pembuatan susu pasteurisasi dan homegenisasi Cv. Cita Nasional. Laporan Kerja Praktek. Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Murti, T. W. (2010). Pasca Panen dan Industri Susu. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Yusuf, R. (2010). Kandungan protein susu sapi perah friesian holstein akibat pemberian pakan yang mengandung tepung katu (sauropus androgynus (l.) merr) yang berbeda. Jurnal Teknologi Pertanian 6 (1): 1-6.

Diterbitkan

31-12-2022

Cara Mengutip

Zulaikhah, S. R., Fitria, R., & Candrasari, D. P. (2022). Peningkatan Pengetahuan tentang Cara Mengetahui Susu yang Dipalsukan di Perum Tanjung Elok Purwokerto Selatan Banyumas. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 129–134. https://doi.org/10.54082/jamsi.588