Pemberdayaan Masyarakat Rawa Tanjung Berbasis Pemanfaatan Lahan Kosong Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Ekonomi

Penulis

  • Nopriawan Mahriadi STISIPOL Candradimuka Palembang, Indonesia
  • Dita Mayreista STISIPOL Candradimuka Palembang, Indonesia
  • Lisya Septiani Putri STISIPOL Candradimuka Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.72

Kata Kunci:

Pemanfaatan Lahan Kosong, Pemberdayaan Masyarakat, Pemasaran Media Sosial

Abstrak

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini merupakan ejawantah peran perguruan tinggi dalam upaya untuk memampukan masyarakat Rawa Tanjung Kecamatan Sako Kelurahan Sukamaju RT.08 RW.04 Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Berdasarkan hasil observasi ada beberapa warga Rawa Tanjung yang memanfaatkan lahan kosong sebagai perkebunan dan sudah ada yang menanam bibit sayur bayam dan kangkung. Namun tanaman yang ditanam belum dapat diolah secara lebih inovatif yang dapat bernilai ekonomi. Solusi dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah memberi inovasi dalam pengelolaan sayur bayam dan kangkung dijadikan bahan dasar kripik. Metode yang dilakukan yaitu kualitatif lebih berdasarkan pada sifat fenomenologis yang mengutamakan penghayatan (verstehen).  Bertujuan untuk meningkatan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan lahan kosong, Untuk mengubah kesadaran masyarakat, Pola pikir dan gaya hidup masyarakat yang memerlukan adanya sosialisasi. Dengan adanya inovasi ini agar masyarakat melanjutkan dan menjadi nilai tambah untuk masyarakat Rawa Tanjung itu sendiri.

Referensi

Agus R, Sugiarso, Dan Rusmadi. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tanah Pekarangan Untuk Konservasi dan Wirausaha Untuk Agribisnis di Kelurahan Kedung Kota Semarang. vol.17.

Ahmad Mustanir. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kewirausahaan.

Alya M, Bulkani dan Eliza. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Kosong Berbasis Tanaman Sayur dan Apotek Hidup di Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.

Arum A.S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Lahan Perkarangan Untuk Budidaya Sayur Organik. Jurnal Ilmiah Media Agrobisnis Vol.04 No.01.

Asih Utami. (2020). Pemanfaatan Lahan Kosong Sekolah Sebagai Taman Tanaman Obat Keluarga . Vol. 6 No.1.

Deasy S, Ratih P, dan Zaenal. (2018). Pemanfaatan Lahan Kosong Mengupayakan Ketahanan Pangan Global Dalam Keseharian Masyarakat Sumedang.

Defrizal. (2021). Pemanfaatan Lahan Kosong Jadi Lahan Produktif.

Dila P.R, Muhammad Syaiful, dan Nisaul B.S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Lahan Perkarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Melintas Pandemi Covid-19. Vol. 01 No.01.

Dwi S, Mohammat Istabul. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Budidaya Tanaman.

Nurina, Ruwaida, St Tri Kariastoto. (2020). Perbandingan Daya Serap Peserta Pada Pelatihan Digital Marketing Secara Online dan Offline Bagi Umkm di Era New Normal. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika Vol. 03 No.03.

Diterbitkan

24-10-2021

Cara Mengutip

Mahriadi, N., Mayreista, D., & Putri, L. S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Rawa Tanjung Berbasis Pemanfaatan Lahan Kosong Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Ekonomi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 217–222. https://doi.org/10.54082/jamsi.72