Belajar KPK dan FPB dengan Berbagai Metode untuk Anak SD Inpres Petleng Kabupaten Alor

Penulis

  • Narita Yuri Adrianingsih Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Tribuana, Kalabahi, Indonesia
  • Mariana Mungkabel Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Tribuana, Kalabahi, Indonesia
  • Carisda Eka Kalokang Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Tribuana, Kalabahi, Indonesia
  • Elisa Klaping Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Tribuana, Kalabahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.722

Kata Kunci:

FPB, KPK, SD Petleng

Abstrak

Berhitung bagi sebagian anak adalah kegiatan yang susah dan membosankan, hal ini berdampak pada minat anak terhadap pelajaran matematika yang rendah. Karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat anak terhadap matematika. Proses belajar yang kreatif, inovatif dan interaktif serta menyenangkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan anak terhadap pelajaran matematika. Selain itu Kegiatan berhitung yang menyenangkan dapat meningkatkan rasa cinta terhadap matematika dan berhitung, hal ini menjadi tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini.Belajar jaritmatika, KPK dan FPB menggunakan berbagai metode dapat membantu para siswa untuk lebih mudah memahami cara cepat meyelesaikan permasalahan mengenai FPB dan KPK. Sasaran dari pengabdian ini adalah semua anak-anak kelas VI sekolah dasar yang berada di Petleng, Kecamatan alor Tengah Utara, Kabupaten Alor-NTT. kegiatan ini dapat berjalan dengan dukungan pihak Sekolah, kegiatan belajar kami lakukan di Kelas. Antusias dari anak-anak tinngi dan mereka tertarik dan sangat menikmati proses belajar KPK dan FPB dengan cara cepat.

Referensi

Eva, R., & Siagian, F. (n.d.). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA. 2(20), 122–131.

Fedi, S. (2016). Apresiasi Matematika Ditinjau dari Perspektif Gender pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 126–131. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/106/81

Hadist Awalia Fauzia. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7.

Putrianti, F. G., Trisniawati, & Rhosyida, N. (2017). Menumbuhkan Sikap Positif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Psikologi, 8(2), 1–14.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.

Diterbitkan

02-04-2023

Cara Mengutip

Adrianingsih, N. Y., Mungkabel, M. ., Kalokang, C. E. ., & Klaping, E. . (2023). Belajar KPK dan FPB dengan Berbagai Metode untuk Anak SD Inpres Petleng Kabupaten Alor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 773–778. https://doi.org/10.54082/jamsi.722