Optimalisasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita untuk Mencegah Stunting di Desa Trimodadi, Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara

Penulis

  • Retno Puji Hastuti Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Indonesia
  • Antun Rahmadi Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Indonesia
  • Dewi Sri Sumardilah Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Indonesia
  • Rina Mariani Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Indonesia
  • Nurman Abdul Hakim Polteknik Negeri Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.1104

Kata Kunci:

Pertumbuhan, Perkembangan, Stunting

Abstrak

Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal dapat membantu mengidentifikasi dini jika ada keterlambatan pertumbuhan atau perkembangan anak. Hal ini sangat penting dalam upaya pencegahan stunting. Secara umum kapasitas kader Posyandu di Desa Trimodadi dalam melakukan pemantaun pertumbuhan dan perkembangan anak masih perlu ditingkatkan. Untuk itu dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kapasitas kader dalam mengidentifikasi stunting, pemahaman pemantauan pertumbuhan, dan gizi balita. Metode yang diterapkan adalah pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan. Pelatihan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta tentang antropometri, pemantauan tumbuh kembang dan gizi balita rata-rata sebesar 27%. Praktik, demontrasi, dan pendampingan dapat meningkatkan keterampilan kader posyandu dalam pelaksanaan pemantaun pertumbuhan dan perkembangan anak rata-rata sebesar 34%. Meningkatnya kapasitas dan keterampilan kader posyandu dapat menjadi faktor kunci dalam upaya pencegahan stunting, dimana dari 15 balita stunting, kategori sangat pendek berkurang dari 7 balita pada bulan Agustus 2023 menjadi 2 balita pada bulan Nopember 2023.

Referensi

Asian Development Bank (ADB). Prevalensi Stunting Balita Indonesia Tertinggi ke-2 di Asia Tenggara. [Online].; 2020 [cited 2022 April 3. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/prevalensi-stunting-balita-indonesia-tertinggi-ke-2-di-asia-tenggara.

Handono, SY.,Hidayat, K., Purnomo, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pertanian. Penerbit: Universitas Brawijaya Press

Harry, G. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani. Penerbit: Elementa Agro Lestari.

Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. Penerbit: Bayfa Cendekia Indonesia.

Kemenkes RI. (2022). Status Gizi SSGI 2022. BKPK Kemenkes RI.

Loriana, L., Manalor, Odi, L., Namangdjabar, Ignasensia, D., Mirong, Yulianti, H., dkk. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Stunting. Rena Cipta Mandiri.

Manalor, LL., Namangdjabar, OL., Mirong, ID., Yulianti, H., Anggaraeningsih, NLMDP., Kristin, DM., Risyati, L. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Stunting. Penerbit: Rena Cipta Mandiri.

Neherta, M., & Asri,MN. (2023). Intervensi Pencegahan Stunting (Pendekatan Terpadu untuk Mencegah Gangguan Pertumbuhan pada Anak). Penerbit Adab.

Rahayu, A., Yulidasari, F, Putri, A.O dan Anggraini, L. (2018). Study Guide “Stunting dan Upaya Pencegahannya” Bagi Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat. Penerbit CV.Mine.

Rahmasari, A., Aruan, N., Susanto, SH. (2019). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Balitbang Tahun 2019 “Percepatan Pengembangan Desa Mandiri” Penerbit: Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Rambe, NL., Sebayang, W., Hutabarat, EN. (2020). Pemantauan Pertumbuhan & Perkembangan Anak Berbasis Teknologi. Penerbit Deepublish.

Romas, AN., Wardani, NI., Mutaqin, ZZ., Simanjuntak, RR., Rahayu, EP., Sada, M., dkk. (2023). Gizi Kronis Pada Anak Stunting. Penerbit Global Eksekutif Teknologi

Sekretariat Wakil Presiden. Angka Prevalensi Stunting tahun 2020 Diprediksi Turun. [Online].; 2021 [cited 22 Desember 21. Available from: https://stunting.go.id/angka-prevalensi-stunting-tahun-2020-diprediksi-turun/.

Sulaeman, ES. (2020). Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan teori dan implementasi. Penerbit: Gadjah Mada University Press.

Diterbitkan

06-03-2024

Cara Mengutip

Hastuti, R. P., Rahmadi, A., Sumardilah, D. S. ., Mariani, R., & Hakim, N. A. (2024). Optimalisasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita untuk Mencegah Stunting di Desa Trimodadi, Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(2), 343–350. https://doi.org/10.54082/jamsi.1104

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.